DT Gelar Kegiatan “Aku Cinta Masjid” di SMAN 1 Bandung

SMANSA Bandung, – DT Peduli melakukan aksi bersih-bersih di SMAN 1 Bandung tepatnya di Masjid Al-Makmur, Selasa (12/03) pagi. Ada 6 orang anggota atau perwakilan dari DT Peduli yang mengikuti kegiatan ini dan ditambah Pengurus IKARIS SMAN 1 Bandung sekitar 40 siswa. DT Peduli adalah sebuah LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL dan merupakan Lembaga Nirlaba yang bergerak di bidang penghimpunan (FUNDRAISING) dan PENDAYAGUNAAN dana zakat, Infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWA).

Menurut Dede Mulyawan, Penangung Jawab Tujuan dari program Cinta Masjid ini adalah mengembalikan peran dan fungsi masjid seperti masa Rasulullah Saw, jadi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja (ibadah Magdhoh) bisa sebagai pusat kegiatan sosial, ekonomi, pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan peserta yang terdiri dari siswa dan siswi membentuk kelompok kecil. Mereka menyebar ke beberapa tempat wudlu, kamar mandi dan toilet. Dinding dan lantai yang kotor, kran yang berkerak dan saluran pembuangan yang buntu dibersihkan semua. Beberapa kelompok ada yang menyapu dan mengepel lantai masjid, serta membersihkan pintu tempat ibadah ini dari debu.

“Bahagianya ada kegiatan bersih-bersih seperti ini. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan lebih bersihnya masjid, siswa siswi SMAN 1 Bandung akan lebih khusyuk lagi dalam beribadah. Terlebih sekarang mendekati bulan suci Ramadhan,” ujar Ketua DKM Al-Makmur Pak Asep Tori

“Kegiatan bersih-bersih masjid merupakan salah satu agenda rutinan yang dilakukan oleh DT Peduli yang bertujuan agar generasi muda semakin cinta terhadap Masjid dan semakin terus bertaqwa kepada Allah Swt,” ujar Koordinator dari DT Peduli

Selain bersih-bersih masjid, DT Peduli menggelar seminar tentang pentingnya masjid dan bagaimana cara kita cinta terhadap masjid. Kegiatan seminar ini diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas XI dan pengurus IKARIS yang bertempat di Aula Bersatu. Penting bagi umat muslim pada umumnya terkhusus siswa-siswi SMAN 1 Bandung bahwa kita harus mencintai masjid karena masjid merupakan tempat yang harus kita cintai sebagaimana kita cinta pada rumah kita sendiri. Oleh karena itu, perhatian kita kepada masjid harus selalu kita tingkatkan dari waktu ke waktu agar masjid tidak lagi merana seperti yang sekarang banyak terjadi.