Pencarian
Login Member
Username:
Password :
Galeri Photo Terbaru

Mengapa gelembung sabun berbentuk bulat?

Tanggal : 19-11-2013 08:02, dibaca 882 kali.

 

Coba kita pikir begini, Tidak akan terkejutkah Anda bila bentuk gelembung itu persegi? Itu karena semua pengalaman kita sejak bayi mengatakan bahwa hukum alam lebih menyukai bentuk-bentuk yang mulus. Memang tidak banyak benda alami yang memiliki ujung tajam atau membentuk sudut ganjil. Pengecualian yang penting dalam hal ini adalah kristal-kristal mineral tertentu, yang cantik justru karena memiliki bentuk-bentuk geometris serba tajam. Itu mungkin sebabnya mengapa sebagian orang percaya bahwa kristal-kristal dan piramida memiliki supranatural.

 

Akan tetapi itu metafisika, bukan sains. Gelembung-gelembung bundar–berbentuk bola–karena ada suatu gaya tarik menarik yang disebut tegangan permukaan yang menarik molekul-molekul air sekuat mungkin antara sejumlah partikel adalah ketika mereka membentuk sebuah bola. Di antara semua bentuk yang mungkin, kubus, piramida, bongkahan tak beraturan–bola memiliki luas sebelah luar paling kecil.

 

Segera setelah Anda melepaskan sebuah gelembung dari pipa tiup atau dari salah satu peralatan lebih modern, tegangan permukaan membuat lapisan tipis air sabun mencari luas permukaan yang sekecil mungkin. Maka terjadilah sebuah bola. Andaikata Anda tidak dengan sengaja memerangkapkan udara didalamnya, air sabun akan terus menyusut membentuk sebuah titik bola padat, seperti yang terjadi pada air hujan.

 

Akan tetapi udara di dalam mendorong ke arah luar, menahan selaput air. Semua gas memberikan tekanan pada wadah penyimpanan mereka karena mereka terdiri atas molekul-molekul terbang bebas yang terus membentur apa pun yang menghalangi. Dalam sebuah gelembung, gaya-gaya tegangan permukaan ke arah dalam pada selaput air diseimbangkan dengan tepat oleh gaya mendorong keluar oleh udara dari dalam. Jika ada perbedaan sedikit saja, gelembung entah akan mengeceil atau mengembang sampai keduanya sama besar.

 

Cobalah meniupkan udara lebih banyak untuk membuat gelembung lebih besar. Itu sama dengan menambahkan tekanan udara di sebelah dalam. Yang dapat diperbuat oleh selaput air untuk mengimbangi kenaikan tekanan ke luar adalah memperluas permukaannya. Ini dapat menyebabkan bertambah besarnya gaya-gaya tegangan permukaan ke arah dalam. Maka gelembung itu secara serentak memperbesar ukurannya. Namun dalam proses tersebut selaput air semakin tipis, pasalnya persediaan air memang terbatas. Apabila Anda terus menambahkan udara ke dalamnya, akhirnya selaput tadi tidak memiliki cadangan air lagi untuk memperluas permukaan. Akibat buruknya mulai ditebak. Gelembung-pun meletus.

 

Hal yang tepat sama juga terjadi pada permen karet, kecuali bahwa ahli-ahli tegangan permukaan ke arah dalam, gaya yang cenderung memperkecil gelembung atau balon berasal dari elastisitas karet dalam permen Anda. Elastisitas, seperti tegangan permukaan, seolah-olah berkata: “Kalau boleh, aku ingin menjadi bola yang sekecil mungkin”.

Disalin dari http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/mengapa-gelembung-sabun-berbentuk-bulat/
Hari Senin, 19 Nopember 2013 pukul 08:02 

 



Pengirim : Admin
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : ace maxs jakarta -  [sekolahpintar@gmail.com]  Tanggal : 15/06/2017
Itu sama dengan menambahkan tekanan udara di sebelah dalam. Yang dapat diperbuat http://bit.ly/2sCB9IW | http://bit.ly/2sD9esi | http://bit.ly/2s48dIQ | http://bit.ly/2ryUciF | http://bit.ly/2rjPFRT | http://bit.ly/2hSVdkY
http://bit.ly/2s3YBxC | http://bit.ly/2sCB9IW
http://bit.ly/2sdg1Gp | http://bit.ly/2t4YGjc oleh selaput air

Pengirim : QnC Jelly Gamat -  [jhonnymonzy@gmail.com]  Tanggal : 21/05/2017
Thanks for your like because you all the best friendly okay guys

Pengirim : indry -  [im.indryutami@gmail.com]  Tanggal : 01/09/2016
terimakasih atas informasinya pak http://agen-poker.com/

Pengirim : Tempat Outbound Malang -  [stoutbound@gmail.com]  Tanggal : 25/04/2016
Saya senang sekali menemukan postingan anda dan bisa ikut memberi komentar menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya
http://trainingoutboundmalangtraining.blogspot.co.id
http://jasaoutboundmalangjasaoutbound.blogspot.co.id
http://outboundpaintball.blogspot.co.id

Pengirim : vimax asli -  [agenessen@gmail.com]  Tanggal : 03/02/2016
artikelnya sangat bermanfaat, it's so nice | http://goo.gl/7ewV92

Pengirim : cara menurunkan asam lambung tinggi -  [jiko@gmail.com]  Tanggal : 25/01/2016
thanks gan artikelnya


http://caramenurunkanasamlambungtinggialami.wordpress.com

http://goo.gl/q40QDi


Pengirim : berita sepak bola -  [baru@gmail.com]  Tanggal : 16/12/2014
terima kasih info nya senang berkunjung di web ini ,,,, kunjungi juga web saya di http://www.hasilakhir.com .........


   Kembali ke Atas