SMAN 1 Bandung gelar IHT Penyusunan UKBM

SMANSA Bandung, – In House Training yang dilakukan di SMAN 1 Bandung pada hari Jum’at 12 April 2019 pukul 13.00 adalah kegiatan penyusunan UKBM untuk mempersiapkan pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS) tahun pelajaran 2019/2020. IHT penyusunan UKBM tersebut diisi oleh pemateri dari tim SKS Provinsi Jawa Barat yaitu Bapak Suamin.

IHT tersebut dibuka oleh bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Bandung, Drs. Dadang Yani Zakaria. Dalam sambutannya, SMAN 1 Bandung optimis menjadi sekolah yang maju yang mempunyai keinginan untuk mengubah peserta didik menjadi peserta didik yang BERSATU, kemudian SMAN 1 Bandung tidak lama lagi ditunjuk sebagai sekolah model atau rujukan dalam implementasi kegiatan pembelajaran yang menggunakan SKS di Jawa Barat.

IHT penyusunan UKBM tersebut telah berlangsung dari bulan Maret. Terhitung 2 kali dalam kegiatan IHT persiapan SKS ini. Kegiatan IHT pada hari Jumat tersebut merupakan kegiatan IHT yang ketiga kalinya. Langkah ini adalah keseriusan kami sebagai manajemen sekolah dalam mempersiapkan SKS pada tahun pelajaran 2019/2020.

In House Training ini guru-guru SMAN 1 Bandung dituntut agar mampu menyusun UKBM dengan baik. Karena UKBM dapat dikatakan sebagai sumber pembelajaran yang utama di kelas. Dalam pembelajaran sistem paket tidak ada istilah UKBM karena semua langkah pembelajaran dalam kelas dilakukan oleh guru mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan SKS langkah pembelajaran dituangkan dalam bentuk tulisan. Maka dapat dikatakan keberhasilan dalam proses pembelajaran tergantung pada kualitas UKBM tersebut.

Bapak Kepala bersama Pak Suamin selaku pemateri
Suasana peserta IHT Penyusunan UKBM