Inilah Program Salat Berjamaah di SMAN 1 Bandung

jurnalisnews.com – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bandung menerapkan program salat berjamaah bagi siswa. Hal ini dilakukan untuk membiasakan dan mewajibkan siswa SMAN 1 Bandung melaksanakan salat berjamaah.

Humas SMAN 1 Bandung, Ahmad Mujidin mengatakan, sebenarnya program salat berjamaah ini lumrah dilakukan sekolah-sekolah di Indonesia. Tetapi, di SMAN 1 Bandung, program ini selain membiasakan siswa untuk salat berjamaah, juga sebagai ajang silaturahmi. “Di sekolah, kami berusaha membiasakan anak salat tepat waktu. Sehingga, saat salat tiba maka semua diistirahatkan agar mereka bergegas ke musala,” ujar Ahmad.

Ahmad berharap, program ini bisa meningkatkan silaturahmi antarpeserta didik dan membiasakan siswa untuk salat berjamaah, terlebih menyempatkan waktu di sela-sela padatnya kegiatan belajar. Selain itu, pembentukan karakter disiplin secara perlahan akan terserap oleh siswa.

Menurut Ahmad, mewujudkan sumber daya manusia yang unggul membutuhkan usaha tidak instan. Pembiasaan harus dilakukan hingga menjadi budaya dalam diri. Oleh karena itu, SMAN 1 Bandung terlebih dahulu menciptakan siswa berkarakter, baru dituntun menjadi siswa berprestasi dan memiliki wawasan lingkungan.

“Menghadapi perkembangan abad 21, sekolah harus mampu menciptakan siswa yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak mulia, berilmu, dan bertanggung jawab. Selain itu sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan demokratis,” ungkapnya.

Salah satu peran sekolah, lanjutnya, yakni mengembangkan pembelajaran pendidikan agama, mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam proses belajar mengajar serta kegiatan ekstrakurikuler. Di antaranya, program Jumat berkerudung untuk siswi, kegiatan mengaji yang terpusat serta menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara intensif, seperti tablig akbar dan lomba keagamaan.

https://jurnalisnews.com/2019/09/19/inilah-program-salat-berjamaah-di-sman-1-bandung/