Menjelang UTBK, SMANSA Kerjasama Kedinasan dengan PTN & PTS di Yogyakarta.

Sejak tahun 2019 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Humas Smansa yang diwakili oleh Bapak Sandri Sandiansyah, M. Pd. mengatakan “Kedatangan kami kemari tak lain menjalin silaturahmi secara kedinasan dan kami ingin mengenalkan program serta prestasi sekolah maupun siswa yang mungkin dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang berada di luar Jawa Barat,” ujarnya.

Serta Berlangsung menarik diskusi yang disampaikan oleh Guru BK Bapak Fathul Ilmi, M.Pd. “Penyerapan Alumni yang diterima di luar Jawa Barat sangat minim, namun kami enggan menyerah untuk melakukan hal apapun demi masa depan siswa kami baik strategi maupun indeks sekolah yang akan diaplikasikan untuk siswa kami.”

SMA Negeri 1 Bandung masuk 3 besar skor UTBK tertinggi pada tahun 2020. Berharap untuk tahun-tahun berikutnya dapat meningkat agar lebih banyak yang diterima di perguruan tinggi yang berada di luar Jawa Barat.
Tentu program ini sangat penting bagi sekolah, siswa, maupun orang tua siswa yang selama ini mungkin kami tidak tahu indeks sekolah untuk Perguruan Tinggi di luar Jawa Barat.