SMANSA Gelar Pelatihan IOT (Internet of Things)

SMANSA Bandung, – Dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan dan juga dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik bidang teknologi, SMA Negeri 1 Bandung menggelar pelatihan IoT (Internet of Things) pada 21-22 Februari 2020 di Ruang Multimedia dan Lab Komputer.

Internet of Things merupakan salah satu ilmu dasar dalam pengembangan otomatisasi di segala bidang, hal ini adalah bagian dari konsep revolusi industri 4.0. Dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mendukung program tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan.

IoT atau Internet of Things, memiliki dampak besar bagi seluruh kehidupan, termasuk juga untuk pendidikan. Penggunaan IoT semakin hari semakin banyak salah satunya dimanfaatkan untuk dunia pendidikan.”

Penggunaan IoT semakin hari semakin banyak salah satunya dimanfaatkan untuk dunia pendidikan. Internet sudah menjadi hal yang lumrah untuk saat ini. Jika ada yang bilang internet untuk apa, maka IoT bisa menjadi jawaban cerdas untuk menampik pertanyaan tersebut. IoT sejatinya dapat dimanfaat untuk banyak hal tidak hanya dalam dunia pendidikan namun dapat menyeluruh kesetiap bidang kehidupan manusia.

Dalam dunia pendidikan, IoT dapat dimanfaatkan baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, keamanan siswa, efisiensi waktu, dan masih banyak hal yang dapat dilakukan dari menggunakan IoT untuk keperluan dunia pendidikan. Seperti apa pemanfaat IoT dalam dunia pendidikan, akan kami jabarkan untuk detailnya di dalam artikel ini.

Di SMA Negeri 1 Bandung tersendiri IoT sudah dapat dirasakan manfaatnya. Dengan adanya absensi digital, smoke detector di toilet dan adanya sistem penggerak pintu dan lampu yang dapat dioperasikan melalui smartphone berbasis android. Pelatihan ini diharapkan menjadi sebuah awal pemanfaatan teknologi dalam hal positif yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekolah maupun masyarakat luas. (RR)