[Karya Guru] Konsep SMA Rujukan: SMAN 1 Bandung sebagai Sekolah Rujukan

SMA Rujukan adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui SNP, mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun nonakademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan SMA lain.

SMA Rujukan merupakan sekolah rintisan bersama antara Dinas Pendidikan Kab/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi dan Direktorat Pembinaan SMA guna percepatan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan SMA melalui pemenuhan SNP dan pengembangan program keunggulan sesuai dengan potensi sekolah dan kebutuhan masyarakat. Sedangkan Standar Nasional Pendidikan terdiri atas delapan standar, yaitu: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.

SMA Rujukan dipilih berbasis kewilayahan minimal setiap kabupaten/kota memiliki 1 (satu) SMA Rujukan dengan kriteria sebagai berikut:

  1. SMA pelaksana Kurikulum 2013, diutamakan SMA Induk Klaster Kurikulum 2013.
  2. SMA  negeri  atau  swasta  dengan  akreditasi  A  atau  tertinggi  di  kabupaten/kota setempat.
  3. Memiliki praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan yang layak dijadikan sebagai rujukan bagi SMA lain.
  4. Memiliki prestasi akademik/non akademik.
  5. Mempertimbangkan nilai Ujian Nasional (UN) dan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tahun 2015 sekolah yang bersangkutan.
  6. Bersedia  memberikan  pengimbasan  praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan yang dimiliki ke SMA lain.

Selengkapmya silakan dibaca di tautan berikut ini http://sman1bdg.sch.id/rikki/SMA-Rujukan-Tahun-2016.pdf

Pengirim :